TIPS BERJUALAN PRODUK FASHION


Sebelumnya kami informasikan bahwa Tips dan Trik Strategi Berjualan Produk Fashion yang akan kami bahas ada kemungkinan tidak cocok atau tidak sesuai dengan situasi atau kondisi pembaca. Apa yang kami tulis disini merupakan pengalaman kami dalam berjualan sesuai dengan situasi dan kondisi tempat dan lingkungan kami. Oleh karena itu, jika ada salah satu info yang tidak berhasil ketika anda implementasikan, maka mohon maaf atas kejadian tersebut. Tapi tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba sistem yang sama seperti yang kami jalankan.

Dalam menjalankan usaha jualan pakaian, sepatu, sandal dan produk fashion lainnya, kami selalu berprinsip untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh pasar atau konsumen. Salah satunya adalah selera, trend dan kesanggupan ekonomi calon pembeli. Kami akan mencoba menguraikannya sebagai berikut.

Selera dan Trend Fashion
Setiap individu mempunyai selera fashion yang berbeda, sulit bagi kami untuk dapat memperkirakan keinginan calon pembeli. Untuk itu, strategi kami adalah “Dominasi”, sebisa mungkin memiliki semua katalog fashion yang beredar di pasar. Jika dikategorikan berdasarkan usia, maka sebisa mungkin kami mempunyai katalog baju dan fashion untuk anak-anak, orang dewasa dan katalog pakaian atau fashion untuk ibu-ibu atau bapak-bapak.

Untuk usia remaja dan dewasa kami mempunyai katalog distro atau pakaian bandung seperti: Katalog G-Shop, Golfer, Java Seven, Mitaco, Gareu, Garuci, dan Basama Soga.

Dengan memiliki banyak katalog, akan menambah kemungkinan minat beli konsumen. Mengapa tidak, kami memenuhi semua selera fashion konsumen ditambah sistem pembayaran kredit yang memudahkan pembeli. Kekurangannya adalah agak sulit untuk memanage transaksi, karena saking banyaknya supplier. Tapi hal tersebut bukanlah masalah yang berarti, asalkan kita biasakan untuk mencatat setiap data supplier mulai dari nama, nomor telepon dan alamatnya.

Kemampuan atau Daya Beli Konsumen
Dengan mempelajari data-data konsumen termasuk kesanggupan atau kemampuan konsumen dalam membeli produk, kita dapat memperkirakan harga atau kualitas produk fashion yang harus ditawarkan. Jangan pernah memaksakan suatu produk yang tidak mungkin calon pembeli untuk menjangkaunya. Sebisa mungkin menawarkan pakaian yang sesuai dengan daya beli calon pembeli dengan kualitas yang bagus tentunya. Syukur-syukur konsumen kita berperinsip “Harga bukan masalah yang penting Kualitas”.

Selain menawarkan produk yang harganya terjangkau, jangan ragu pula untuk mengimbanginya sekali-kali dengan menawarkan produk Fashion dengan kualitas tinggi. Karena kita sulit untuk memprediksikan apalagi meng-generalisir kemampuan calon pembeli. Ga’ ada salahnya untuk mencoba, yang penting berimbang.

Belakangan ada fenomena yang menarik di tempat saya bekerja bahkan bisa dikatakan hampir di semua daerah tempat saya tinggal, yaitu orang terbiasa membeli produk secara kredit, bahkan untuk harga puluhan ribu sekalipun. Untuk mendapatkan orderan sebanyak-banyaknya, kami berstartegi menjual produk fsdhion secara kredit walaupun hanya dua kali cicilan. Ternyata strategi ini berhasil, hampir semua karyawan di tempat saya bekerja menggunakan produk yang kami jual, khususnya produk Distro Bandung seperti G-Shop dan Garsel. Bisa dikatakan 60% produk yang berhasil kami jual adalah merk G-Shop dan GArsel.

Tips dan trik berjualan seperti diatas merupakan dasar kiat sukses berjualan produk fashion menggunakan katalog. Selanjutnya, kita akan melangkah ke tips dan trik strategi berjualan untuk mempertahankan bahkan terus meningkatkan omzet penjualan. Kuncinya adalah terus menganalisa perkembangan usaha, terus mempelajari minat dan selera konsumen dan terus berinovasi.

  1. trimakasih tipsnya, walo belum berjualan fashion saat ini🙂

    • sm2 gan.. Silahkan di coba karena tidak ada ruginya lho..
      Selain itu jd bisa menambah wawasan ttg bisnis..
      Monggo di liat2 blog saya… tq

  2. thank’s infonya…

    • ok sm2.. silahkan di nikmati isi blog ane.. klo join lbih bgus tuh.. hehe

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: