Tips Merawat Jaket Kulit/Oscar


Perawatan jaket kulit

Berdasarkan sumber-sumber yang kami simpulkan bahwa criteria jaket kulit yang bagus atau berkualitas baik (terutama dengan bahan kulit domba) sebagai berikut:

1. Ukuran sesuai dengan badan anda, tidak kedodoran/longgar. Untuk itu anda jangan sampai salah dalam
pengukuran. Jangan sampai terlihat longgar atau kesempitan. Untuk trend sekarang disebut jangkis.
2. Hasil jahitan terlihat rapi
3. Warna terlihat bagus, tidak kusam
4. Jika di pegang tidak terlalu lembut, agak kenyal
5. Ukuran Jaket kulit stabil apabila sudah dipakai lama. Ukuran bahan kulitnya tidak mengkerut/menyusut, mungkin anda pernah punya jaket kulit ukurannya menjadi susut jika sudah dipakai lama, bahkan tidak muat lagi dengan ukuran badan anda. Apabila dipakai lama dan dipakai dengan kondisi cuaca yang berubah2 biasanya akan ada perubahan, tapi tidak terlalu signifikan.
6. Cara yang biasa dipakai orang untuk men-cek keaslian dari kulit adalah dengan dibakar. Ini memang ada benarnya tapi jangan terlalu lama dibakarnya. Ini hanya untuk membedakan dengan bahan bukan kulit (bahan oscar ; bahan untuk jok/kursi). Bahan oscar akan mudah meletek jika dibakar, berbeda dengan kulit asli. Kulit asli jika dibakar agak lama biasanya akan mengkerut tapi tidak meletek.
7. Semua bahan kulit tentu ada keriputnya tapi hanya dibagian tertentu. Tapi dalam pembuatan jaket kulit yang bagus keriput tersebut akan disembunyikan, tidak mudah terlihat. Biasanya di pakai di bagian ketiak. Untuk mendapatkan jaket kulit yang tidak ada keriputnya biasanya sulit, dikarenakan sulitnya mencari bahan kulit yang lebar diatas rata-rata. Dan harganya pun akan lebih mahal.

MERAWAT JAKET KULIT

Anda tentu saja ingin memiliki jaket kulit yang selalu terlihat bagus/baru.. warna yang tidak kusam sehingga jaket anda akan tetap terlihat pantas untuk dipakai dalam acara apapun terutama jaket model casual anda.

Untuk merawat jaket kulit anda baiknya anda ikuti saran sebagai berikut:

1. Jaket kulit anda harus secara rutin diberi pelembab/lotion khusus buat bahan kulit (bisa body lotion atau “kit” motor juga bisa). Terutama saat setelah terkena hujan dijalan dan kering kembali. Ini dilakukan untuk menghindari jaket kulit anda terasa kaku dan kering. Untuk hasil maksimal minimal lakukan seminggu sekali. Kalo tidak sempat lakukan 2 minggu sekali. Setelah diberi lotion atau tidak dipakai gantung jaket anda dengan hanger jangan dijemur langsung dan jangan dilipat karena akan meninggalkan bekas dan akan susah untuk menghilangkannya.

Caranya: oleskan/semprotkan lotion ke jaket lalu gunakan lap / handuk / busa yang lembut untuk menggosoknya. Lakukan gosokan dengan satu arah. Gosok ± 15 menit. Diamkan sampai agak kering lalu oleskan lotion dan gosok satu kali lagi.

1. Jaket kulit anda jangan sering dicuci, apabila terpaksa dicuci karena kotor atau bau. Jangan dicuci dengan detergen, dan jangan digosok dengan sikat agak warnanya tidak pudar. Untuk menghilangkan kotoran sebelum dicuci bisa menggunakan lap / handuk yang diolesi minyak kelapa. Setelah kotoran hilang bisa direndam dengan pewangi saja. Setelah itu jangan dijemur langsung terkena matahari, kalau tidak jemurnya dibalik. Untuk mengeringkan bagian dalamnya. Setelah bahan kulit kering, jangan sampai terlalu kering, pakai pelembab/lotion lalu gantung di dalam ruangan. Kalau masih basah biasanya akan bau, juga bila terlalu kering akan kaku, oleh sebab itu keringnya harus pas sebelum dioleskan pelembab.
2. Apabila warna jaket anda ada yang terkena warna lain, biasanya karena jatuh atau tergores tembok and susah dihilangkan bahkan warnanya hilang terkelupas. Untuk menambal warna yang hilang bisa menggunakan semir sepatu, biasanya untuk jaket warna hitam, bisa pakai semir hitam, dioleskan pada bagian kulit yang akan ditambal warnanya. Jangan terlalu banyak, sedikit-sedikit saja. Lalu gosok dengan lap / handuk sampai rata dan menyatu dengan bahan kulitnya. Cek dengan menyentuh / colek kulit tersebut sampai tidak menempel di tangan.
3. Apabila jaket tidak/jarang diberi pelembab biasanya akan banyak lipatan terutama pada bagian tangan. Seperti gambar berikut:

Untuk memperbaikinya sangat sulit terutama yang sudah kering dan kaku, biasanya kulit akan sobek, tidak pecah-pecah, karena terlalu kering. Namun apabila masih tidak terlalu parah lipatannya, masih bisa diperbaiki / dikembalikan. Hasilnya mungkin tidak terlalu memuaskan namun setidaknya tidak terlalu jelek.

Caranya sama dengan trik no.1, dioleskan pelembab pada bagian lipatan lalu gosok dengan lap/handuk satu arah, harus dilakukan berulang-ulang, sampai terlihat maksimal, lakukan 2 hari sekali. Untuk itu jangan sampai anda lupa untuk tetap merawat jaket kulit anda. Lebih baik merawat daripada memperbaiki.

Semoga tips dan trik dari kami dapat bermanfaat bagi anda yang sudah mengoleksi jaket kulit atau yang beminat untuk membeli jaket kulit. Bagi anda yang punya tips merawat jaket kulit kami berharap anda bisa membaginya dengan kami. Terimakasih,

About these ads
  1. Bisa di tiru ni??
    makasih iya infonya??

  2. sepp sama2 gan..

  3. I’ve been surfing online more than three hours as of late, yet I by no means found any attention-grabbing article like yours. It’s lovely value sufficient for me. In my view, if all website owners and bloggers made excellent content material as you probably did, the net shall be a lot more helpful than ever before.

    • himawan
    • Juli 16th, 2012

    kayaknya bisa dicoba dulu nich, matur infonya

  4. mantap nih artikelnya, izin share ya gan…

    • Fana Kirana Hidayat
    • April 5th, 2013

    Terima kasih informasinya, Akan saya coba terlebih dahulu langkah-langkah perawatannya, Sekali lagi terima kasih karena saya sudah lama kebingungan cara merawat jaket kulit kesayangan …

  5. A thorough write-up… I’m surprised! The majority of posts I’ve been reading through are absolute rubbish.
    I mean seriously, they aren’t even factually accurate. Thankfully, your post is and I book marked it for later on!

    • hendry
    • Agustus 1st, 2013

    jaket kulit saya mengkerut karena saya setrika.

    • Santy
    • Oktober 17th, 2013

    Hi, apakah treatment ini dapat di aplikasikan pada tas kulit saya. karena tas saya dari kulit sapi, jd agak kaku.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: